Design | Science | Technology | Psychology | Music

Rabu, 05 Februari 2014

Ghytsa Alif   /   03.46   /     /   No comments
PIDATO GLOBAL WARMING

Assalamu ‘alaikum warrahmatllahi wabarakatuh. Selamat pagi dan salam sejahtera bagi kita semua.
Yang terhormat Ibu Tutut Sriwahyuni selaku Kepala SMP Negeri 20 Malang.
Yang saya hormati guru, staf, serta karyawan SMP Negeri 20 Malang.
Serta adik-adik kelas 7 dan 8 yang saya banggakan.
Pertama-tama patutlah kita panjatkan segala puji, puja, dan syukur kepada Allah Tuhan semesta sekalian alam, karena tanpa rahmat dan hidayahnya kita tidak akan bisa menghadiri acara Peduli Alam ini. Pada kesempatan yang berbahagia ini perkenankanlah saya untuk menyampaikan sepucuk ilmu tentang Global Warming atau yang biasa kita sebut dengan pemanasan global.
Adik-adik yang saya banggakan, tentunya Global Warming sudah tidaklah asing di telinga kita. Global Warming adalah proses peningkatan suhu rata-rata atmosfer, laut, dan daratan di muka bumi. Semenjak manusia zaman purbakala sampai dengan zaman sekarang, manusia selalu mengalami perkembangan dalam setiap periode waktu yang dilewatinya. Peradaban manusia sekarang telah mengalami banyak kemajuan. Selama perkembangan itu, manusia menjalani kehidupan dengan bergantung pada pertanian.

Pada masa kehidupan tersebut, manusia sangat menjaga dan melestarikan lingkungannya dengan bercocok tanam. Namun, kini manusia telah mengalami zaman revolusi industri yang menggantungkan kehidupan pada bidang perindustrian. Dengan menggunakan pola hidup tersebut, dunia pertanian pun mengalami kemunduran secara perlahan-lahan karena tergeserkan oleh perindustrian.
Dunia perindustrian tidak bisa lepas dari mesin-mesin canggih yang menimbulkan polusi dan pencemaran lingkungan. Yang mana polusi dan pencemaran-pencemaran dari benda bermotor itulah yang membuat suhu bumi kita semakin panas. Lalu apa yang menyebabkan bumi ini terasa semakin panas dan kadang menyiksa? Penelitian menunjukkan bahwa kondisi dan posisi matahari dan bumilah yang membuat bumi semakin panas. Bumi kita kini tidak berorientasi pada kutubnya, melainkan pada axisnya. Hal ini kadang membuat iklim di permukaan bumi menjadi semakin ekstrim.
Semakin menipisnya lapisan ozon merupakan salah satu tanda dan bukti bahwa bumi kita sedang mengalami Global Warming. Badan IPCC menyimpulkan bahwa penipisan ozon meningkat drastis pada abad ke-20. Menipisnya lapisan ozon disebabkan oleh meningkatnya konsentrasi gas-gas rumah kaca akibat aktivitas manusia-manusia melalui efek rumah kaca. Dampak terjadinya pemanasan global berupa iklim yang mulai tidak stabil dan peningkatan permukaan air laut. Meningkatnya ketinggian permukaan air laut menimbulkan tenggelamnya pulau-pulau kecil. Berdasarkan penilitian, dalam 10 tahun terakhir ini suhu permukaan bumi meningkat secara drastis. Bahkan di negara timur tengah sudah mencapai 54 derajat celcius. Dampak lain, hewan-hewan akan cenderung bermigrasi ke daerah utara yang memiliki suhu yang lebih dingin untuk bertahan hidup. Hewan-hewan yang terhalang kota-kota dalam perjalanan migrasinya mungkin akan mati.
Oleh karena itu, alangkah baiknya jika kita sebagai penghuni tetap bumi ini ikut ambil bagian dalam menjaga keseimbangan dan kelestarian alam, karena anak cucu kita juga berhak menikmati indahnya bumi kita ini. Kita bisa mulai melestarikan alam dan mencegah terjadinya Global Warming mulai sekarang dan dari diri kita sendiri dengan melakukan hal-hal kecil terlebih dahulu. Misalnya menghemat pemakaian listrik, dengan menghemat pemakaian listrik kita juga akan menghemat energi. Kemudian mengurangi pemakaian gas CFC yang terdapat pada pylox, hairspray, AC, dan peralatan lainnya, karena pemakaian gas CFC yang belebihan dapat merusak lapisan ozon sebagai pelindung bumi dari radiasi matahari. Lalu menanam tumbuhan di sekitar rumah untuk menyejukkan udara sekitar, karena tumbuhan melakukan proses fotosintesis yang mengubah gas karbondioksida menjadi oksigen. Dan yang terakhir mengurangi pemakaian kendaraan bermotor, karena asap yang dikeluarkan dari kendaraan bermotor menyumbang peningkatan efek rumah kaca yang semakin mengikis lapisan ozon bumi.
Cukup kiranya saya berpidato singkat mengenai Global Warming. Saya berharap adik-adik disini dapat menjaga dan melestarikan lingkungan sekitarnya. Mohon maaf bila terdapat kata-kata yang kurang berkenan di hati. Terima kasih.
Wassalamu’alaikum warrahmatullahi wabarakatuh.



oleh : Ghytsa Alif Jabir

0 comments :

Posting Komentar

Search