Design | Science | Technology | Psychology | Music

Jumat, 31 Januari 2014

Ghytsa Alif   /   05.40   /     /   No comments
“Teet.. teet..”
Nggak kerasa udah bel pulang. Cepet amat ya? Bodo ah, yang penting ini adalah tanda berakhirnya tragedi semprotan gruru Basa Jawa. Dengan cepat, sigap, dan tangkas gue kemasin buku-buku cetak dan embel-embel sekolah lainnya ke sebuah tas hitam di bawah bangku dan kembali duduk manis menunggu aba-aba berdoa dari sang ketua kelas.
“Berdoa, mulai”, perintah sang ketua.
“Selesai”,
“Memberi salam”,
“Assalamu ‘alaikum warrahmatullahi wabarakatuh”, ucap temen-temen gue dengan nada nggleyor-nggleyor setengah ngantuk gak jelas. Biasa lah, nada nggleyor itu seperti udah jadi tradisi turun temurun anak SD dari berbagai penjuru daerah manapun.
Dengan seketika pintu keluar kelas yang tadinya mlompong bak jalanan Jakarta di waktu Idul Fitri kini telah berubah menjadi sebuah antrian loket pembagian tiket zakat, sumpek! Karena lagi males berdesak-desak ria hanya untuk keluar kelas, dengan pertimbangan yang sangat matang kuputuskan untuk tiduran sejenak di bangku kelas.
“Gak pulang, pep?” ucap Eni membuyarkan nikmatnya bangku kelasku.
“Ha? Oh entaran aja, masih males, haha.”
“Oh ya udah aku duluan ya?” sambil pergi dan melambaikan tangan
“Iya”.
Oh iya, nama gue Ghytsa, tapi seringnya sih dipanggil Pepi. Gak tau juga kenapa, kan beda jauh antara Ghytsa dengan Pepi. Kalo Eni itu tadi sahabat gue dari kelas 3. Jangan salah, Eni itu cewek lhoh meskipun namanya nama cowok. Oke, Balik ke nikmatnya bangku kelas tadi.
Sekitar 5 menit menikmati dinginnya bangku kelas, akhirnya gue sudahi dan segera beranjak keluar kelas. Sebelum keluar kelas gue lihat banyak anak-anak di lapangan. Ada yang main basket, voli, sepakbola, semua ada. Emang mau diadain olimpiade olahraga ya? Alah ga penting juga ngurusin gituan. Gue percepat langkah menuju gerbang sekolah. Dan lagi-lagi Eni manggil gue lagi.
“pep!”
“Apa se?” balik badan, pasang muka kesel.
“Ngga papa se, hehe. Mm, besok maen ayok!” sambil senyum-senyum sendiri gak jelas kaya orang sarap.
“Dimana? Ogah ah kalo jauh-jauh, susah pulangnya”,
“Sebelah sekolah sini lho, depan kantor KPUD itu”, sambil jinjit dan nunjuk-nunjuk atap sebuah gedung di samping sekolah.
“Ohh situ, ya udh boleh lah. Siapa aja? Kalo Cuma berdua nggak ah”,
“Ya udah deh sama Bani dan Devi”,
“Udah dibilangin?”
“Ya belum lah, entar aja tak bilangin”,
“Oke deh, gak usah bawa apa-apa kan?”
“Bawao raket aja kalo punya”,
“Siap bu!”
“Halah apaan se! Ya udah gitu aja, tak pulang dulu. Bye!” sambil ngeloyor dan melet-melet makin gak jelas.
Setelah itu gue balik lagi ke pinggir lapangan, mau pantengin pertandingan sepakbola bentar. Entahlah kenapa gue kok berubah pikiran gak jadi ke luar sekolah. Gue lihat ada sang Kardi “cocoters” di pinggir lapangan. Dan benar saja Kardi mulai menjalankan aksinya.
“Ciie Pepi rek, janjian mau kemana sama Eni, pep?” ceplos Kardi.
“Halah opo se? Gak ngapa-ngapain. Lagian masih SD, masih kecil gak boleh pacaran woy!”
“Lha itu tadi?” sambil ketawa aneh.
Tiba-tiba HP buduk gue bergeter tanda SMS masuk
From : Ibu 08123XXXXXXX
Mas, ibu udah di depan.
Langsung saja gue bergegas meninggalkan temen-temen gue yang tadinya sama-sama duduk di pinggir lapangan. Tentunya gue udah pamit ke mereka sebelumnya. Sampai di depan sekolah gue langsung naik sepeda motor dan pulang.
Keesokan harinya, gue agak males pergi ke sekolah. Entahlah kenapa. Sampai di sekolah gue gak buru-buru naruh tas di kelas, mau liatin temen-temen main sepakbola dulu.
“Halo, Bro!” sapa Bani sambil menjulurkan tangannya. Bani ini “bro” gue yang paling brutal kalo kena senggol dikit.
“Hoeeyy!” jawab gue gak jelas sambil nyambut tangan Bani.
“Udh dibilangin Eni?”
“Apaan?”
“Entar pulang sekolah, sekalian ngerjain PR”,
“Ohh itu, udah”.
Bani dan gue duduk-duk sambil komenta-komentar tentang permainan di lapangan yang ada di depan gue. Maklum gue udah cukup terkenal sebagai kritikus dan komentator di sekolah itu, haha. Setelah bel masuk, gue dan Bani masuk ke kelas.
“Ya, selamat pagi anak-anak, disiapkan buku ulangan matematikanya”,
What? Ulangan matematika? Gue lupa. Halah meskipun gue tau bakal ada ulangan, gue juga gak bakalan belajar. Palingan entar cuma ngitung doang, yang penting udah hafal rumusnya ulangan bukanlah suatu beban bagi gue. Setelah dibagiin soalnya langsung gue sikat satu persatu soal-soalnya. Setelah selesai, pelajaran dimulai seperti biasanya.
Setelah bel pulang bunyi, seperti biasanya dan tanpa ada perencanaan apapun loket pembagian tiket zakat terbentuk secara alami di pintu kelas. Bani yang udah di luar kelas manggil gue untuk segera beranjak dari tempat duduk gue.
“Ayo wes”,
“Ayo”
Gue dan Bani menuju ke KPUD. Sebenernya hari ini gue agak males ngapa-ngapain. Tapi biarlah sekalian ngerjain PR daripada jadi tanggungan. Sampai disana udah ada Eni dan Devi main badminton.”
“Holaa!”, sapa gue
“Woy, lama amet se?” jawab Devi.
“Ya sorry, beli jajan dulu”,
“Ya udah mau ngapain ini?” tanya Eni
“Kerjain PR tadi dulu yuk, biar gak jadi tanggungan”, jawab Bani
“Ya udah ayok!”
Langsung saja kami berempat ngerjain tuh PR. Gak butuh lama, soalnya Devi dan Bani adalah termasuk pemboking rangking 2 dan 3. Kalo rangking 1 mah gak perlu ditanya lagi, haha. Setelah selesai, lanjut saja kami berempat bermain bersama menggunakan apa yang ada di alam sekitar dan apa yang kami bawa.
“Bentar ya, mau beli minum, haus”, kata gue sambil ninggalin mereka.
“Beliin juga kita-kita pep!” kata Devi
Asem, mau gak gue beliin itu kok aneh yang minum Cuma gue doang. Kalo gue beliin entar jatah tabungan gue berkurang. Akhirnya dengan berat hati dan setengah ikhlas setengah enggak gue beliin mereka minuman.
“Nih”,
“Makasih pep, sering-sering ya. Haha”,
“Udahan yuk, pulang”, kata Bani
“Entar aja kenapa ban”, sela Eni
“Ya udah, bubar bubar. Hahaha”, ucap gue

Setelah itu kami pulang ke rumah masing-masing.

oleh : Ghytsa Alif Jabir

0 comments :

Posting Komentar

Search